Seorang pemimpin harus terus OPTIMIS dan BERPIKIR POSITIF

Optimis adalah suatu sikap yang berpikiran aktif, maju, selalu kreatif dan berpandang masa depan yang cemerlang.
Berpikir positif adalah cara bepikir logis yang memandang segala sesuatu dari segi positifnya baik terhadap dirinya sendiri, orang lain, maupun dari sekitar lingkungannya.
SB News - Setiap manusia adalah khalifah atau pemimpin didunia ini.  Memimpin diri sendiri dan mengendalikan makhluk Tuhan yang lain agar terjadinya keseimbangan dalam kehidupan. Seorang suami juga pemimpin bagi keluarganya.  Seorang yang memiliki jabatan lebih tinggi juga pemimpin bagi anggota yang lebih rendah Jabatannya.  Dan seterusnya.

Sebagai pemimpin yang baik, bersikap optimis dan selalu berpikir positif merupakan sesuatu yang penting mengingat pemimpin merupakan orang yang dianggap sebagai panutan. Tapi sebelum pemimpin memiliki sifat tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemimpin jika ingin memiliki sifat tersebut.
Sebenarnya, cukup mudah untuk menumbuhkan rasa optimis dan berpikir positif. Jika kita ingin menumbuhkan rasa optimis maka kita perlu melakukan hal – hal berikut:
  • Lebih banyak tersenyum.
  • Bicaralah dengan suara yang jelas dan bisa didengar.
  • Anggaplah tugas sebagai rutinitas baru, bukan sebagai hambatan.
  • Hindari selalu melihat jam.
  • Bersikap tenang dan bersahabat.
  • Beri salam pada orang lain dengan ucapan yang bersemangat.
  • Baca, dengar dan tontonlah berita serta informasi yang perlu diketahui untuk meningkatkan profesionalitas anda.
Dan cara untuk menumbuhkan sikap berpikir positif adalah sebagai berikut:
  • Kuasai diri sendiri.
  • Buatlah diri kita dan orang lain bahagia.
  • Singkirkan segala pikiran negative melalui introspeksi diri.
  • Tetapkan tujuan.
  • Tumbuhkanlah sikap toleransi tinggi.
  • Gunakan kekuatan doa

Mengapa sebagai pemimpin kita harus memiliki sikap optimis dan berpikir positif?
Di zaman sekarang, segala sesuatu cepat sekali berubah. Perubahan itupun sering menghambat seseorang dalam berkembang. Apalagi seorang pemimpin, yang posisinya sangat penting bagi sebuah organisasi dan juga menjadi contoh bagi para anggotanya. Jika pemimpin itu tidak berkembang dengan baik, maka kelancaran dari organisasi itu pasti terganggu juga.
Oleh karena itu, penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki sikap optimis dan berpikir positif. Dengan memiliki sikap tersebut, pemimpin akan mampu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
Seorang pemimpin yang optimis dan berpikir positif selalu memiliki pemikiran yang berorientasi masa depan, tidak takut gagal, selalu bisa memotivasi anggotanya yang terpuruk dan pemimpin yang optimis dan berpikir positif pasti menularkan sikapnya kepada orang disekitarnya.
Sikap optimis dan berpikir positif akan membuat seseorang menjadi kebal dengan keterpurukan karena kegagalan. Keterpurukan yang berkepanjangan pasti memengaruhi hasil dari sebuah organisasi. Apalagi jika yang mengalami keterpurukan tersebut adalah seorang pemimpin yang menjadi panutan anggotanya. Pasti akan menyebabkan kekacauan dalam organisasi.


Sumber gambar : Quotesgram
Ada beberapa tokoh dunia yang selalu optimis dan berpikir positif. Seperti Kolonel Harland Sanders (pendiri KFC), Kolonel Sanders merupakan tentara angkatan darat AS. Setelah dia pensiun dari tentara, dia berpikir tidak cukup hanya mengandalkan uang pensiun untuk bertahan hidup. Sempat mencoba berbagai macam profesi seperti menjadi pemadam kebakaran kereta api, pengacara. Hingga akhirnya dia mencoba untuk membuka stand kecil menjual makanan di belakang rumahnya, pada awalnya memang tidak berjalan lancar. Hingga pada suatu hari dia menemukan cara memasak ayam goreng dengan cepat. Sejak saat itu, usahanya lancar hingga akhirnya dia mampu membuka restorannya sendiri. Bisnisnya terus berkembang hingga banyak orang tertarik untuk membuka cabang restorannya di daerah lain, yang sekarang kita kenal sebagai KFC.

Sumber gambar : Ayo Waralaba
Ada juga tokoh lain dari dalam negeri yaitu, Tirto Utomo (pendiri AQUA). Awalnya, idenya berawal ketika dia masih bekerja di Pertamina. Dia menjamu tamu dari AS, namun acara tersebut terganggu karena istri dari delegasi AS mengalami diare, setelah ditelusuri ternyata diare tersebut disebabkan orang barat yang tidak terbiasa meminum air yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Dari situ, dia berpikir untuk membuat sebuah produk air minum dalam kemasan (AMDK). Meskipun saat itu AMDK masih belum ada di Indonesia, dia tetap berani membuat AMDK dan meninggalkan pekerjaannya di Pertamina yang sudah mapan.
Pasti awalnya banyak reaksi penolakan dari masyarakat karena pada saat itu harga satu liter AQUA lebih mahal dari satu liter minyak tanah dan sedang boomingnya minuman berkarbonasi di masyarakat juga semakin menyulitkan promosi produk. Tetapi, setelah melalui perjuangan keras akhirnya AQUA mulai diterima oleh masyarakat luas. Hingga sampai sekarang telah menjadi perusahaan air minum terbesar di Indonesia.
Jadi kesimpulannya adalah, setiap pemimpin wajib untuk memiliki sikap optimis dan berpikir positif.
Bisa dilihat dari dua contoh tokoh yang menonjol di sikap tersebut. Kolonel Harland Sanders yang merupakan seorang pensiunan tentara yang berusaha membuat inovasi dari ayam goreng. Pada awal dia membuka usahanya memang dia mengalami kesulitan, tetapi dia tidak menyerah dan selalu optimis bahwa usahanya akan berhasil. Dan ternyata usahanya memang berhasil dengan adanya KFC hingga sekarang. Hal yang sama juga dirasakan oleh Tirto Utomo yang sebenarnya telah mapan di Pertamina. Tetapi saat istri delegasi dari AS yang menderita diare saat meminum air rebus, dia berpikir untuk membuat AMDK yang steril dan layak dikonsumsi. Dan sampai sekarang perusahan tersebut juga masih ada dengan nama AQUA.

(SB News - Sarwo Edi Subowo / Ketua Satgas Joko Tingkir Serdang Bedagai) 

0 Response to "Seorang pemimpin harus terus OPTIMIS dan BERPIKIR POSITIF "

Posting Komentar

SB Printing merupakan usaha yang bergerak dibidang Percetakan, Konveksi dan Konstruksi.