Pesantren Kilat SMP Negeri 1 Tanjung Beringin membentuk siswa yang bertaqwa dan berkarakter Islami



Tanjung Beringin - SMP Negeri 1 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai menggelar pesantren kilat (sanlat) untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa dan membentuk karakter siswa yang baik.

Pesanteren kilat ini dibimbing para Instruktur dari luar sekolah, yaitu dari Jaringan Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Serdang Bedagai dan dari Forum Silaturahim (Forsil) Mahasiswa Serdang Bedagai.

Sengaja kami datang kan Instruktur dari kalangan pemuda dengan harapan pembelajarannya benar-benar sesuai dengan kondisi pemuda islami zaman now.
“Kami mendatangkan aktifis aktifis pemuda pemuda islami serdang bedagai untuk menjadi instruktur agar proses pesantren kilat bisa menularkan ilmu ilmu yang bermanfaat sesuai dengan pendekatan pemuda atau remaja,”
Ujar salah satu guru yang bernama Sarwo Edi Subowo, S.Pd

H. Amiruddin, S.Pd (Kepala Sekolah SMP N 1 Tanjung Beringin) menjelaskan, Sanlat digelar mulai Kamis 31 Mei sampai minggu 3 Juni 2018. Dalam pesantren kilat ini, siswa diajak untuk mempelajari baca tulis quran, tartil, qiroah, tahfidz, ilmu agama dan bagaimana menjadi pemuda islami yang rahmatan lil alamiin. Ia menyampaikan pesan kepada peserta bahwa " Manusia yang beruntung adalah manusia yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Oleh karena itu, setelah pesantren kilat ini sangat diharapkan agar kedepannya siswa siswi peserta pesantren kilat harus lebih baik ibadahnya, tingkah laku yang berakhlakul karimah, cara belajarnya, cara bergaulnya dll.. Harus dapat sebagai contoh remaja islami yang baik dimasyarakat."

Kegiatan pesantren kilat ini kami isi dengan kegiatan kegiatan yang menyenangkan. Selain ceramah agama, kegiatan pesantren kilat ini kami isi dengan games games yang menyenangkan, menyanyikan lagu lagu islami, nonton bareng, manajemen konflik, buka puasa bersama, sholat berjamaah, tilawah bersama, bagai mana menjadi pemuda yang islami yang bermanfaat buat masyarakat dll... Kami usahakan kegiatannya menyenangkan agar peserta nyaman, tidak bosan dan materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Ujar ketua Forsil Mahasiswa Serdang Bedagai Saudara Salim.


Ade (MOT/ instruktur) demikian panggilan akrabnya, juga bertekad menekankan pentingnya pembelajaran ahlakul karimah kepada para siswa. Sehingga siswa selagi masih sekolah maupun selepas sekolah memiliki dasar akhlak yang mulia. Tidak brutal, gampang dipengaruhi orang lain dan juga terhindar dari budaya punk maupun tawuran.

Sholahuddin, M.Pd (Ketua JPRMI Serdang Bedagai) yang merupakan salah satu instruktur yang mengisi materi muhasabah menyampaikan pesan kepada peserta. " Jadilah pemuda yang terbaik, yaitu pemuda yang bermanfaat untuk masyarakat banyak ". Sedangkan ketua Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) kabupaten Serdang Bedagai Saudara Dedi Mariadi yang merupakan salah satu pemateri menyampaikan pesannya kepada peserta. " Ayo kita menjadi agen kebaikan. Ayo teruslah kita berbuat dan mengajak orang untuk berbuat baik. Karena setiap kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula pada diri kita. Salah satu kunci sukses hidup adalah bertaqwa kepada Allah SWT dan terus melakukan kebaikan ".


Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta peserta terbaik, photo bersama dan gerakan pungut sampah disekitar lokasi kegiatan. Peserta terbaik putri Ria Suryandani, dan peserta terbaik putra Agus Salim. Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat dari pihak sekolah sebagai apresiasi sekolah kepada siswa siswi yang mengikuti kegiatan (M.Se)

0 Response to "Pesantren Kilat SMP Negeri 1 Tanjung Beringin membentuk siswa yang bertaqwa dan berkarakter Islami"

Posting Komentar

SB Printing merupakan usaha yang bergerak dibidang Percetakan, Konveksi dan Konstruksi.